USBN Rampung, SMANTIC Evaluasi Tiap Akhir Pelajaran

USBN Rampung, SMANTIC Evaluasi Tiap Akhir Pelajaran

USBN Rampung, SMANTIC Evaluasi Tiap Akhir Pelajaran
USBN Rampung, SMANTIC Evaluasi Tiap Akhir Pelajaran

Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) 2019 yang dilaksanakan pekan lalu, juga sudah rampung di SMAN 3 Cibinong atau biasa disebut SMANTIC.

Sebelumnya, selama USBN berlangsung sebelum masuk kelas dilakukan briefing terlebih dahulu. Diawali briefing, guru yang bertugas sebagai pengawas, dilanjutkan dengan pengarahan kepada seluruh siswa sebagai peserta ujian.

“30 menit. Dari jam 6.30 – 07.00 pagi. Briefing pengawas yang dipimpin kepala sekolah.

Terus pengarahan ke siswa sebelum USBN dimulai. USBN dimulai pukul 07.30,”, jelas Wakil Kepala Bidang Humas SMAN 3 Cibinong Iwan Kuswandi, kemarin. Dengan briefing tersebut, pelaksanaan USBN bisa terkontrol dengan baik dan berjalan lancar.

Tak hanya briefing, dilakukan juga evaluasi tiap akhir pelajaran, baik kepada para peserta didik maupun kepada para guru. Dengan cara tersebut, dilakukan secara kontinyu bisa berjalan sesuai yang direncanakan dan diharapkan.

Kegiatan tersebut, juga diberikan apresiasi oleh kepala SMAN 3 Cibinong.

Karena hasilnya sangat memuaskan. Para guru mampu bekerja sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) pengawasan. Bahkan disiplin peserta didik, datang dan pulang tepat waktu.

“Kami juga menegaskan setelah USBN dan nanti UNBK tidak ada namanya siswa corat-coret. kalaupun ada akan mendapatkan sanksi dari sekolah,” terang Iwan. Untuk mengantisipasinya pihak sekolah sudah bekerjasama dengan satgas pelajar.

Masih kata Iwan, dari 15 mata pelajaran yang masuk dalam USBN. Sekolah optimis

peserta atau siswa bisa mendapatkan nilai maksimal sesuai yang diharapkan.

“Insya Allah kami optimis dengan hasil USBN ini, ada mata pelajaran yang langsung diperiksa oleh guru mata pelajaran dengan hasil rata-rata sesuai dengan harapan dan ada juga pelajaran yang harus menunggu hasil pemeriksaan dari Kantor Cabang Dinas (KCD) wilayah 1,” bebernya.

Iwan berharap langkah awal yang bagus dari USBN ini akan terus berlanjut ke Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan dilaksanakan pada awal April. Khusus untuk menghadapi UNBK, SMAN 3 Cibinong sudah sangat siap.

Pembekalan pun sudah diberikan, di antaranya pemberian motivasi oleh Arif Dahsyat dari Depok. Persiapan teknis maupun sarana prasarana yang dibutuhkan terus dilakukan. “Sudah lengkap komputer, laptop, ruangan dan jaringan dan lain sebagainya,” ungkap Iwan. (mer/c)

 

Sumber :

https://jeffmatsuda.com/