Posted in: Umum

Tips Cepat Hamil Setelah Keguguran

Kehamilan adalah saat yang paling membahagiakan dan paling dinanti untuk pasangan yang sudah menikah. Sayangnya, kehamilan juga bisa traumatis, salah satunya adalah ketika ibu menderita eksim. Kesedihan dan kehilangan sering disertai dengan stres, jadi para ibu segera mencoba berpikir lagi karena takut disalahgunakan dua kali. Bahkan, ibu bisa hamil lagi dengan bayi yang sehat meski keguguran.

Kapan Anda bisa hamil lagi setelah keguguran?

aborsi akan terjadi
Selain trauma, ibu kadang-kadang takut untuk mencoba hamil lagi karena mereka tidak yakin dengan kondisinya. Khawatir itu akan menyebabkan masalah pada tubuh atau risiko komplikasi membuat semakin banyak ibu berencana menunggu begitu lama untuk memiliki anak.

Bahkan, Anda bisa hamil saat Anda bisa. Anda bisa hamil setelah keguguran bahkan sebelum menstruasi kembali normal.

Ini karena setelah keguguran, tubuh akan memulai proses kembali ke rutinitas reproduksi normal. Tubuh dapat berovulasi sebelum menstruasi berikutnya.

Ovulasi dapat terjadi dalam dua minggu, Anda juga akan memasuki masa subur satu bulan setelah keguguran.

Namun, ini tidak berarti bahwa Anda dapat berhubungan seks setelah keguguran. Paling tidak Anda harus menunggu sampai semua gejala keguguran seperti rasa sakit atau berhenti untuk mencegah infeksi.

Selain itu, sebagian besar dokter juga menyarankan untuk menunggu hingga tiga bulan setelah menstruasi atau dua kali setelah aborsi selesai. Jika Anda memiliki operasi caesar, Anda mungkin harus menundanya untuk waktu yang lama di lapisan normal rahim.

Tips untuk kehamilan awal setelah keguguran

tanda-tanda kehamilan
Jika Anda siap hamil lagi, bisnis dengan teman-teman Anda juga harus diikuti dengan cara yang sehat. Berikut ini beberapa.

Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mengetahui apakah tubuh Anda siap untuk hamil lagi. Juga lakukan kunjungan rutin ke dokter Anda sehingga dokter Anda dapat memantau kondisi Anda.
Jalani diet seimbang. Tingkatkan asupan sayuran hijau, buah-buahan segar, protein, vitamin, dan makanan besi untuk meningkatkan peluang Anda untuk hamil. Juga buat air minum.
Lakukan olahraga atau aktivitas fisik lainnya agar Anda tetap aktif. Anda bisa mulai dengan berjalan atau menari selama satu jam.

Batasi asupan kafein karena dapat menyebabkan kemungkinan kehamilan lagi setelah keguguran. Anda masih bisa minum 200 ml yang sama dengan secangkir kopi.
Pikirkan dengan tenang dan hindari stres. Seperti diketahui, stres dapat memengaruhi fungsi hormon dan ovulasi. Untuk membantu Anda, Anda mungkin ingin mencoba meditasi atau bersama pasangan dan mengatakannya sedekat itu.

Kontrol berat badan Anda. Pastikan juga kadar gula darah Anda normal.
Dengan menggunakan alat perkiraan ovulasi yang membantu memprediksi masa subur, Anda juga dapat mengunduh aplikasi khusus untuk menghitung ovulasi. Dengan mengetahui waktu yang tepat untuk berhubungan seks, Anda juga akan meningkatkan peluang kehamilan.
Jika keguguran telah terjadi lebih dari satu kali
program kehamilan pascapersalinan

Jangan khawatir jika Anda mengalami keguguran lebih dari satu kali. Berita baiknya adalah, sekitar 65% dari ibu yang berhasil hamil dengan bayi yang sehat bahkan setelah tiga kali keguguran. Namun perlu diingat, ini tergantung kondisi tubuh Anda.

Karena itu, konsultasikan dengan dokter Anda tentang kondisi dan riwayat keguguran Anda dengan dokter Anda. Setelah itu, Anda bisa menjalani pemeriksaan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menyebabkan keguguran.

Beberapa tes ini termasuk tes darah untuk menentukan kadar hormon, tes genetik, tes ultrasonografi untuk memeriksa rahim dan ovarium, dan banyak lagi.

Dalam beberapa kasus, laparoskopi juga dimungkinkan. Laparoskopi adalah penglihatan melalui teleskop medis perut dan panggul.

Ingat, kehamilan setelah keguguran bukan tidak mungkin. Namun, Anda juga perlu memastikan bahwa Anda dan pasangan tidak hanya siap secara fisik tetapi juga mental.

Keguguran bukanlah peristiwa yang mudah, tidak masalah jika Anda membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyelesaikan rasa sakit yang tersisa sebelum memulai program kehamilan lainnya.

Lanjutkan berbagi situasi dengan teman-teman Anda untuk menemukan solusi bersama.

Hello Health Group dan Hello Healthy tidak memberikan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Silakan lihat halaman kebijakan editorial untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga: