Posted in: Pendidikan

Teknik Pengambilan Sampel

Teknik Pengambilan Sampel

Pada garis besar hanya ada dua jenis sampel, yaitu sampel probabilitas (probability sample) atau sering disebut random sampel (sampel acak) dan sampel non probabilitas (non probability sample). Pada prinsip nya atau metode pengambilan sampel ini dibedakan menjadi dua yakni teknik random (acak) dan teknik non random.

Random Sampling

Pengambilan sampel secara random disebut rondom sampling, dan sampel yang diperoleh disebut sampel random. Tehnik random ini hanya digunakan apabila setiap unit atau anggota populasi itu bersifat homogen. Hal ini berarti setiap anggota populasi itu mempunyai kesempatan yang sama untuk diambil sebagai sampel. Teknik random sampel ini dapat dibedakan menjadi:

1)   Pengambilan sampel secara acak sederhana (simple random sampling)

Pengambilan sampel secara acak sederhana adalah bahwa setiap anggota atau unit dari populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk diseleksi sebagai sampel. Metode penarikan sampel jenis ini adalah:

  1. a)Dengan melakukan undian
  2. b)Memakai table bilangan random
  3. c)Memakai paket komputer  ( kalau punya kerangak sampel)

 

                 Populasi                        prosedur pengambilan               sampel

                                                                  random

2)   Pengambilan sampel secara acak sistematis (systematic random sampling)

Metode ini adalah pengambilan sampel dengan tehnik berurutan atau dengan system tertentu. Yang diambil secara acak adalah hanya unsur pertama, selanjutnya diambil secara sistematis sesuai langkah yang ditetapkan. Keunggulan tehnik ini dibandingkan dengan simpel random sampling adalah lebih mudah dilapangan, kerangka sampling tidak mutlak diperlukan dan penunjang informasi yang lebih besar dengan biaya yang lebih murah.

3)   Pengambilan Sampel Secara Acak Stratifikasi ( stratified random sampling)

Apabila suatu populasi terdiri dari unit yang mempunyai kakrakterisistik yang berbeda beda atau heterogen, maka tehnik pengambilan sampel yang tepat digunakan adalah stratified sampling.  Metode ini adalah tehnik penarikan sampel yang membagi populasi sasaran didalam strata (golongan) menurut karakteristik tertentu yang dianggap penting oleh peneliti, status sosio ekonomi atau area geografis, lalu penarikan sampel dari masing masing strata. Karena itu agar semua populasi dapat terwakili maka populasi terlebih dahulu dibagi dalam beberapa strata, misalnya pendidikan (tinggi, atas, menengah, dasar) ekonomi (kaya, sedang, miskin).

Sumber: https://bengkelharga.com/cat-simulator-apk/