Posted in: Pendidikan

Rumus Sampel/Pengambilan Sampel

Rumus Sampel/Pengambilan Sampel

Pelaksanaan suatu penelitian selalu berhadapan dengan objek yang diteliti atau yang diselidiki, objek tersebut dapat berupa manusia, hewan maupun tumbuh tumbuhan, benda benda mati lain nya. Tujuan utama dari setiap rancangan sampling adalah memberikan pedoman untuk memilih sampel yang mewakili populasi dengan biaya minimum. Jika populasi yang mendasarinya memiliki ciri ciri yang seragam, hampir setiap sampel akan memberikan hasil yang dapat diterima. Satu satunya cara untuk menjamin bahwa himpunan data eksperimen kita sungguh sungguh mewakili populasi adalah dengan melakukan sensus, yaitu mencatat setiap unsur yang terdapat dalam populasi.

Prosedur Pengambilan Sampel 

     Langkah langkah dalam mengambil sampel

  1. Menentukan tujuan sampel

Tujuan penelitian adalah suatu langkah pokok bagi suatu penelitian, karena tujuan penelitian tersebut merupakan arah untuk elemen elemen yang lain dari penelitian. Dalam menetukan sampel tergantung pula pada tujuan penelitian.oleh karena itu langkah pertana dalam mengambil sampel dari populasi adalah menetukan tujuan penelitian.

  1. Menetukan populasi penelitian

Sebelumnya bahwa dalam anggota populasi didalam penelitian tersebut harus dibatasi secara jelas. Oleh sebab itu sebelu  sampel diambil harus ditentukan dengan jelas criteria atau batasan populasinya, dengan demikian maka akan terjamin pengambilan populasi dengan tepat dengan menetukan kriteria inklusi maupun ekslusi.

  1. Menentukan jenis data yang diperlukan

Jenis data yang akan dikumpulkan harus dirumuskan secara jelas, agar dapat dengan mudah ditentukan dari mana data tersebut  diperoleh atau ditentukan sumber datanya.

  1. Menentukan   tehnik sampling

Penentuan tehnik sampling tergantung dari tujuan penelitian dan sifat sifat populasi.

  1. Menentukan besarnya sampel

Secara statistik penentuan besarnya sampel tergantung pada jenis dan besarnya populasi. penentuan besar sampel merupakan langkah penting dalam pengambilan sampel.

  1. Menentukan unit sampel yang diperlukan

Sebelumnya menentukan sampel yang diperlukan, terlebih dulu akan ditentukan unit unit yang menjadi anggota populasi. hal ini akan memudahkan dalam menetukan unit yang mana akan dijadikan sampel.

  1. Memilih sampel

Apabila karakteristik populasi sudah ditentukan dengan jelas, maka kita dapat dengan mudah memilihsampel sesuai dengan karakteristik populasi tersebut.

Sumber: https://ngegas.com/village-city-apk/