Pelapisan sosial di DKI Jakarta

Pelapisan sosial di DKI Jakarta

Pelapisan sosial di DKI Jakarta
Pelapisan sosial di DKI Jakarta

Kita hidup bermasyarakat dikarenakan kita tidak bisa hidup sendiri yang memerlukan bantuan dari orang lain untuk menjalankan kehidupan ini. Tak halnya dalam ibukota ini, padat, dan segala masalah berkumpul dan menjadi satu didalamnya.

Ibukota dipenuhi oleh masyarakat yang berasal dari berbagai daerah untuk mengadu nasib di ibukota Jakarta, oleh karena  itu kita yang berasal dari latar belakang yang berbeda harus bersikap menghargai mereka dengan segala kelebihan dan kekurangan.

Tetapi dalam hal ini contohnya di DKI jakarta terdapat pelapisan dari beberapa hal. Seperti :

  • Umur
  • Suku
  • Kekuasaan
  • Ekonomi
  • Dll

Oleh karena itu setiap hal memiliki makna tersendiri, dari pandangan orang-orang terhadap pelapisan yang terjadi di masyarakat.

Pengelompokan terjadi dimasyarakat dapat mengakibatkan kecemburuan sosial yang mengakibatkan beberapa hal yang berdampak pada keutuhan lingkungan masyarakat itu sendiri.

Seperti pengelompokan orang kaya dan orang miskin. Yang mangakibatkan orang miskin dianggap sebagai orang-orang yang berada dibawah mereka yang patut di cerca dan dimaki. Padahal dihadapan Tuhan Yang Maha Esa semua orang sama tanpa ada yang dibeda-bedakan.

Itu juga yang mengakibatkan beberapa masalah yang terjadi belakangan ini. Pemicu yang melatar belakangi ras dan agama. Yang seharusnya masalah itu bisa ditampik jika halnya kita berpartisipasi mengangkat makna Bhineka tunggal Ika.

Rasa kedaerahan masih sangat terasa dan jika halnya ada yang memicu maka konflik tidak bisa dihindarkan. Oleh karena itu kita yang hidup bersama orang-orang yang berbeda seharusnya baik dan saling berpatisipan untuk mewujudkan lingkungan yang baik.

Jika seperti itu, tak ada yang tidak mungkin kehidupan yang diinginkan bisa tercapai. Mari kita bekerja sama menciptakan lingkungan yang damai dan sejahtera satu sama lain masyarakatnya.

Baca :