Milad ke 32, Unida Siap Wujudkan Visi Misi Jadi Kampus Riset Bertauhid

Milad ke 32, Unida Siap Wujudkan Visi Misi Jadi Kampus Riset Bertauhid

Milad ke 32, Unida Siap Wujudkan Visi Misi Jadi Kampus Riset Bertauhid
Milad ke 32, Unida Siap Wujudkan Visi Misi Jadi Kampus Riset Bertauhid

Tahun ini, Universitas Djuanda (Unida) memasuki usianya yang ke 32. Berbagai kegiatan diadakan, dan puncaknya digelar orasi ilmiah dari Bupati Bogor, Ade Yasin, di Kampus Unida, Kamis (21/3/2019).

Dalam orasi itu, Ade Yasin memaparkan kesamaan Pemkab Bogor dengan Unida yang dilihat dari Panca Darma Unida dan Panca Karsa program Pemkab Bogor.

“Mendengar pemaparan dari Pak Rektor mengenai Panca Darma di Unida, ada kesamaan dengan Panca Karsa Pemkab Bogor. Kalau Panca di Unida adalah profesionalisme, kalau Panca di Pemkab Bogor itu maju dan cerdas,” terang Ade Yasin.
Orasi ilmiah Bupati Bogor Ade Yasin.

Menurutnya, Panca Darma profesionalisme dan Panca Karsa maju dan cerdas membentuk manusia yang cerdas dan maju sesuai bidangnya. Hanya untuk aplikasi atau penerapannya yang sedikit berbeda.

Dengan semangat, wanita yang juga lulusan S2 Hukum Bisnis Unida ini memaparkan, Panca maju dan cerdas dilakukan dengan peningkatan pendidikan, baik itu mutu maupun fasilitas, sarana dan prasarana sekolah. Memberikan berbagai reward atau penghargaan, beasiswa untuk siswa berprestasi maupun kurang mampu.

Belum lama ini Pemkab Bogor meluncurkan program Bodas, Bogor Cerdas. Dari panca keberadaban sudah ada beberapa kegiatan keagamaan. Di sekolah pada Jumat pagi sebelum jam pembelajaran mulai, dilakukan ngaji bersama (ngaos), menambah jam mata pembelajaran agama menjadi 4 jam tiap minggu.
Penandatanganan kerjasama sama Unida dengan Radar Bogor.

Tiap bulan juga ngaos dilakukan di masing-masing SKPD. Ade juga menyampaikan,

dari Panca Darma Unida dapat diaplikasikan dalam membangun Kabupaten Bogor, seperti pengabdian, penelitian dan pengajaran.

Dari Panca Darma dan Panca Karsa, tercipta sinergitas yang dapat mewujudkan Kabupaten Bogor sebagai kota termaju, terdepan. Tak hanya melalui panca tersebut di atas, dari yang lain juga dapat saling mendukung. Di Milad 32, Ade mengharapkan Unida lebih berkembang dan maju, menjadi kampus ternama serta siap bersaing dengan kampus lain..

Sementara itu Rektor Unida, Dede Kardaya mengatakan, dengan adanya kesamaan tersebut, semoga dapat saling mendukung mewujudkan misi dan tujuan yang sama.

“Adanya kesinkronan ini semoga bisa saling mendukung dalam rangka mewujudkan

Unida kampus riset bertauhid,” terang Dede Karyadaya.

Sedangkan Ketua Yayasan, Martin Roestamy menuturkan sesuai dengan misi dan tujuan pada 2035, Unida menjadi kampus riset bertauhid yang dapat menghasilkan berbagai bisnis, lapangan pekerjaan serta melahirkan banyak inovasi baru.

“Punya IPK tinggi, taat ibadah, rajin sholat, peka terhadap lingkungan,

” ucap Martin Roestamy.

Bahkan hasil riset dan survei yang dilakukan kampus dapat dimanfaatkan untuk kemajuan dan kepentingan masyarakat Kabupaten Bogor.

Setelah orasi, dilakukan juga penandatanganan kerjasama antara Unida dengan berbagai lembaga. Di antaranya, Pemkab Bogor, BNI Syariah, Radar Bogor dan masih ada beberapa lembaga lainnya. (mer)

 

Sumber :

https://www.sudoway.id/