MESIN TANAM PADI ATAU RICE TRANSPLANTER
Posted in: Umum

MESIN TANAM PADI ATAU RICE TRANSPLANTER

MESIN TANAM PADI ATAU RICE TRANSPLANTERMESIN TANAM PADI ATAU RICE TRANSPLANTER

Mesin tanam padi atau rice transplanter .Tanam padi adalah proses awal dari budidaya tanaman padi. Pada proses tanam pada umumnya menggunakan tenaga kerja konvensional , yaitu menancapkan benih padi kedalam lumpur / tanah di hamparan sawah.pada cara lama menggunakan tenaga yang banyak dan waktu yang lama sehingga biaya yang dikeluarkan jauh lebih banyak.dan tidak bisa menhemat waktu. Untuk menanam 1 hektar padi dibutuhkan tenaga kerja sebanyak 10 orang dan waktu kira �kira 2 hari, itu belum termasuk tenaga ndaut ( memindahkan bibit padi dari persemaian ke lahan persawahan).

Sekarang ini telah ada alat tanam padi dengan menggunakan mesin yaitu Rice Transplanter, alat ini bekerja seperti layaknya orang tandur/ tanam padi dengan menancapkan bibit padi kedalam tanah persawahan secara teratur yaitu 1 buah bibit padi tiap satu titik tanam . mesin ini dijalankan hanya oleh seorang tenaga dan satu orang asisten.saja dan sudah dapat mengganti beberapa puluh orang tenaga kerja .Untuk tanam padi seluas 1 hektar hanya dibutuhkan waktu 2- 3 jam bandingkan dengan cara tradisional yang membutuhkan tenaga kerja sebanyak 10 orang dan waktu 2 hari.Tanam padi menggunakan mesin jauh lebih efisien dalam hal biaya dan waktu .

Ada beberapa model mesin tanam padi yang telah beredar di kalangan petani kita antara lain :

Mesin tanam yang digerakan dari belakang/control dari belakang.Mesin ini penanamnya mengendaliakan mesin dari belakang dengan cara berjalan kaki mengikuti mesin. Harga mesin tanam ini relative murah.

Mesin tanam yang dikontrol dari depan yaitu penanamnya naik di mesin dan mengontrol cara tanam dari panel panel yangada di depan seperti dashboard pada mobil , harga mesin ini lebih mahal dari pada mesin yang sebelumnya.

Untuk para petani segera lakukan penyegaran dengan mesin , karena semakin sedikitnya tenaga kerja dibidang pertanian.
Demikian tentang mesin tanam padi atau rice transplanter .semoga bermanfaat.

 

Recent Posts