Posted in: Umum

Mengajukan Double Claim dari Dua Asuransi Berbeda

Ketika pertama kali mendaftar untuk asuransi kesehatan, Anda mungkin tergoda oleh fasilitas klaim kedua. Ya, fasilitas klaim asuransi ini sering menarik bagi calon anggota meskipun kita umumnya tidak tahu fungsinya. Apa yang mereka pikirkan adalah Anda bisa mendapatkan dua kali lipat kompensasi dengan mengklaim ganda. Sungguh, itu bukan masalah!

Anda juga perlu mengetahui tujuan klaim kedua dan tahu cara membuat klaim dengan benar.

Apakah itu klaim ganda?

Banyak klaim real estat tidak berbeda dengan klaim asuransi biasa, yaitu membantu Anda menemukan kompensasi untuk biaya medis yang telah Anda keluarkan. Namun, kata “ganda” atau “ganda” tidak berarti Anda mendapatkan dua kali lipat kompensasi.

Tujuan dari klaim kedua adalah bahwa Anda dapat mengirim klaim tambahan ke perusahaan asuransi lain jika biaya medis tidak dapat ditanggung secara bertanggung jawab oleh perusahaan asuransi besar (tempat Anda terdaftar).

Contohnya adalah ini: Anda mendapatkan perawatan dan membayar Rp. 600.000,00. Namun, berdasarkan ketentuan perjanjian, asuransi utama Anda hanya dapat mengganti biaya medis sebesar Rp450.000. Ya, sisa Rp 150.000 yang belum dibayar dapat diklaim oleh perusahaan asuransi lain. Ini adalah cara kerjanya dan pemahaman yang benar tentang fasilitas klaim.

Kapan Anda bisa menggunakan fasilitas klaim asuransi ini?

Seperti halnya klaim asuransi, Anda biasanya dapat mengajukan beberapa klaim selama atau setelah membayar tagihan rumah sakit. Tetapi dengan catatan: klaim ganda hanya dapat digunakan ketika biaya perawatan tidak ditanggung oleh jaminan asuransi utama dan ada keseimbangan tagihan yang harus dibayar.

Fasilitas ini juga tergantung pada sistem asuransi yang Anda miliki. Setiap perusahaan asuransi memiliki kebijakan dan peraturan yang berbeda, termasuk klaim ganda. Ada berbagai syarat dan ketentuan dan proses pengarsipan file antara perusahaan asuransi.

Secara umum, jika Anda memiliki dua sistem asuransi bebas tunai, Anda dapat menggunakan dua kartu asuransi sekaligus untuk membayar pembayaran rumah sakit.

Sementara itu, jika Anda memiliki dua perusahaan asuransi yang tidak memiliki pembayaran dan sistem pembayaran, Anda dapat menggunakan kartu asuransi bebas tunai untuk pembayaran pertama. Selanjutnya, Anda harus membayar saldo tagihan Anda sendiri. Bukti pembayaran saldo tagihan maka Anda kirim ke perusahaan asuransi untuk diganti.

Metode menggandakan klaim dari dua perusahaan asuransi yang berbeda

Langkah-langkah untuk membuat klaim ganda tidak berbeda dari klaim asuransi, secara umum:

1. Setelah perawatan, minta dan pertahankan rincian biaya yang tidak ditanggung oleh asuransi besar
jenis asuransi, Hospital Cash Plan adalah
Setelah mencari perawatan, mintalah perincian tentang biaya yang tidak ditanggung oleh perusahaan asuransi besar. Ini juga termasuk dokumen asli yang benar. Informasi biaya ini digunakan sebagai bukti saldo tagihan yang perlu Anda gunakan untuk menggantinya dengan asuransi tambahan.

2. Lengkapi sertifikat dokter Anda
biaya pemeriksaan medis
Selain menerima pembayaran, Anda juga memerlukan sertifikat dokter. Surat ini harus dilampirkan untuk mengirimkan klaim kepada perusahaan asuransi. Jangan lupa periksa kembali dengan cermat; apakah itu berisi sertifikat dokter yang valid atau tidak.

3. Memenuhi syarat dan ketentuan lainnya dari perusahaan terkait
biaya perawatan stroke
Mengatasi masalah klaim dapat memakan waktu, tenaga, dan bahkan biaya karena Anda hanya perlu bolak-balik ke kantor asuransi. Untuk itu, sebelum mengajukan klaim, Anda harus menyediakan semua yang Anda butuhkan.

Anda dapat membaca syarat dan ketentuan untuk mengajukan klaim tentang file asuransi yang Anda miliki atau hubungi perusahaan asuransi jika ada kesulitan. Jika syarat dan ketentuan dipenuhi, Anda akan diberikan fasilitas untuk membuat asuransi klaim ganda.

Ingat, mengajukan klaim juga memiliki garis waktu yang valid. Jadi, proses mengajukan klaim selambat-lambatnya 30 hari setelah Anda menerima perawatan atau keluar dari rumah sakit setelah masuk ke rumah sakit.

Baca juga: