Posted in: Kesehatan, Umum

Kesalahan Saat Membeli Asuransi Kesehatan

Membeli asuransi kesehatan tidak dapat dilakukan secara sewenang-wenang. Anda harus berhati-hati membandingkan produk asuransi kesehatan dengan produk asuransi lainnya. Selain itu, akurasi diperlukan saat membaca persyaratan konten yang biasanya tercantum dalam kebijakan. Jika Anda memilih asuransi yang salah, itu pasti akan melukai dirinya sendiri. Jadi, kesalahan apa yang biasanya Anda lakukan saat membeli asuransi?

Berikut adalah beberapa kesalahan umum saat membeli asuransi kesehatan:

1. Jangan membaca kebijakan dengan hati-hati

klaim asuransi kesehatan

Melihat daftar syarat dan ketentuan dari banyak kebijakan sering membuat orang membaca. Bahkan jika kebijakan tersebut memuat hak dan kewajiban Anda sebagai pelanggan.

Itu tidak termasuk informasi penting seperti batasan sewa kamar, waktu tunggu jika Anda memiliki penyakit bawaan, biaya sebelum dan setelah melahirkan, serta berbagai hal lainnya. Jika Anda setuju tanpa membaca dengan cermat, Anda akan menderita di masa depan.

Misalnya, ternyata sewa kamar yang dibayar dalam transaksi lebih murah daripada yang Anda pilih. Jika demikian, Anda harus membayar selisih dari kantong Anda sendiri.

Jadi, bahkan jika Anda merasa malas, Anda masih harus membacanya dengan cermat dan bertanya kepada agen asuransi Anda apakah ada yang tidak diketahui.

2. Temukan premi rendah tanpa memikirkan total biaya pertanggungjawaban

Sumber: Realtor Berita
Premi seringkali menjadi hal utama yang perlu dipertimbangkan ketika membeli asuransi kesehatan. Secara umum, banyak orang tergoda untuk menurunkan premi tanpa peduli total biaya.

Akibatnya, asuransi yang Anda miliki tidak cukup untuk menutup semua biaya perawatan yang diperlukan. Tetapi belum lagi biaya tambahan dengan asuransi, Anda masih harus membayar banyak uang karena premi sangat rendah dan tidak dapat menutupi biaya perawatan.

Karena itu, berhati-hatilah sebelum membeli asuransi kesehatan. Cobalah untuk mengukur nilai kebutuhan kesehatan Anda, dibandingkan dengan perusahaan asuransi. Setelah itu, kemudian buat kesepakatan dengan berbagai pertimbangan matang yang telah disesuaikan dengan situasi.

3. Sembunyikan riwayat medis

klaim asuransi
Saat membeli asuransi kesehatan, tak sedikit orang yang menyembunyikan riwayat medis. Biasanya ini dilakukan dengan sengaja agar tidak membayar premi yang sangat tinggi.

Alasan lain mungkin juga karena kekhawatiran bahwa permohonan jaminan akan ditolak. Ini terutama benar jika Anda atau keluarga Anda memiliki penyakit serius.

Bahkan, langkah ini sangat salah karena tidak menyatakan kondisi medis secara jelas dan terperinci dapat meningkatkan risiko penolakan klaim di masa depan. Selain itu, menyembunyikan fakta tentang riwayat medis Anda seperti menipu perusahaan asuransi.

4. Jangan mencari produk komparatif

asuransi seks, Rencana Tunai Rumah Sakit
Terkadang tergoda oleh penampilan awal yang sangat baik, orang mulai bergegas untuk memilih keputusan asuransi kesehatan. Walaupun ini salah karena Anda harus mencari perbandingan dari produk asuransi lain.

Ini karena mungkin ada banyak produk asuransi kesehatan lain yang lebih sesuai dengan situasi keuangan Anda, tetapi masih dapat memberikan manfaat maksimal dalam keadaan itu.

Coba bandingkan beberapa produk asuransi lainnya dengan melihat biaya pertanggungjawaban, biaya premium, plafon yang ditawarkan, rumah sakit, sistem pembayaran, dan banyak lagi.

5. Tidak tahu prosedur klaim

pembayaran premi akhir
Ada berbagai kesalahan dalam membuat asuransi yang bisa berbahaya bagi Anda, salah satunya adalah tidak tahu cara mengajukan klaim.

Penting untuk mengetahui prosedur untuk mengklaim setiap asuransi, bukan hanya satu asuransi. Lalu, cari perusahaan dengan prosedur klaim paling sederhana agar tidak mengganggu Anda nanti.

Baca juga: