Kemiskinan itu sesungguhnya lebih mendekati kepada kekufuran

Kemiskinan itu sesungguhnya lebih mendekati kepada kekufuran

Kemiskinan itu sesungguhnya lebih mendekati kepada kekufuran
Kemiskinan itu sesungguhnya lebih mendekati kepada kekufuran

Bekerja adalah segala aktivitas dinamis dan mempunyai tujuan untuk memenuhi kebutuhan tertentu (jasmani dan rohani), dan di dalam mencapai tujuannya tersebut dia berupaya dengan penuh kesungguhan untuk mewujudkan prestasi yang optimal sebagai bukti pengabdian dirinya kepada Allah SWT.

Dikatakan sebagai aktivitas yang dinamis, karena mempunyai makna bahwa seluruh kegiatan yang dilakukan oleh seorang muslim harus penuh dengan tantangan, tidak monoton, dan selalu berupaya untuk menari terobosan – terobosan baru ( inovatif ) dan tidak pernah merasa puas dalam berbuat kebaikan.

Membudayakan kebiasaan bekerja akhirnya akan menjadi salah satu ciri utama setiap pribadi muslim yang menjadikannya sebagai semangat yang terus memberikan ilham dalam perjalanan kehidupannya, dimana mereka akan mengukir sejarah dengan tapak – tapak prestatif.

Oleh karena itu, harus tertanam dalam keyakinan kita bersama bahwa bekerja itu adalah amanah Allah, sehingga ada semacam mental yang tegas pada diri setiap pribadi muslim, bahwa :

  • Karena bekerja itu adalah amanah, maka dia akan bekerja dengan kerinduan dan tujuan agar pekerjaannya tersebut menghasilkan tingkat hasil yang optimal.

  • Ada semacam kebahagiaan melaksanakan pekerjaan, karena dengan melaksanakan pekerjaan tersebut, berarti dia telah melaksanakan amanah Allah.

  • Tumbuh kreativitas untuk mengembangkan dan memperkaya dan memperluas, karena dirinya merasa bahwa dengan mengembangkan pekerjannya akan tumbuh berbagai kegiatan dan tantangan, yang berarti menunjukkan bertambahnya amanah Allah kepada dirinya.

  • Ada semacam malu hati apabila pekerjaannya tidak dia laksanakan dengan baik, karena hal ini berarti sebuah pengkhianatan terhadap amanah Allah.

Dengan cara pandang seperti ini, maka setiap pribadi muslim adalah tipikal manusia yang terus meronta, gelisah dan berpikir keras untuk secara dinamis mencari terobosan, inovasi serta aktivitas yang penuh arti dalam bentuk dinamika kreativitas yang terus mengalir tak mengenal lelah (creative action).

Sumber : https://icanhasmotivation.com/