Kasus Pelanggaran Etika Profesional (Pilot)

Kasus Pelanggaran Etika Profesional (Pilot)

Sudah tanggung jawab seorang pilot untuk menerbangkan pesawat yang dibawanya dengan aman. Pilot harus membuat para penumpang mereka merasa aman, dan selamat hingga tempat tujuan.

Namun, pada tahun 2011, diberitakan ada seorang pilot yang lalai dalam mengerjakan tugasnya. Ia mengaku sudah menggunakan obat-obatan terlarang yang dikenal sebagai sabu-sabu ketika sedang mengudara. Pilot ini berani bermain-main dengan nyawa ratusan penumpang yang menjadi tanggung jawabnya. Pilot maskapai penerbangan Lion Air, Moh Nasri, didakwa sebagai pemakai Narkoba jenis shabu dan pil ekstasi diadili di Pengadilan Negeri Tangerang, Selasa (27/9/2011).

Petugas sudah menggrebek pilot itu ketika ia sedang pesta sabu-sabu bersama rekan co-pilotnya di apartemen modern golf kota Tanggerang di lantai 6 no. 7.

Petugas menemukan pil ekstasi di saku bajunya serta sabu-sabu tersimpan di dasi yang sering ia pakai ketika dinas. Pilot itu mengakui obat-obatan terlarang itu sempat ia kantongi ketika terbang ke Surabaya.

Menurut saksi ahli psikiater, Carlania Lusi, pilot Moh Nasri adalah seorang pecandu narkoba. Atas perbuatannya ini sang pilot terancam dikenakan sanksi berlapis sebagaimana tercantum dalam undang-undang nomor 1 tahun 2009 tentang penerbangan.

Selain pasal tersebut terdapat pasal lain yang dapat menjerat pelaku yaitu Pasal 114 ayat (1) junto Pasal 132 ayat (1) sub Pasal ayat 112 ayat (1) UU Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

Kejadian ini dapat dijadikan sebagai evaluasi bagi seluruh maskapai penerbangan. Mewajibkan seluruh pilot beserta co-pilot dan pramugari/pramugara mereka untuk di tes narkoba serta keamanan yang lebih diperketat perihal membawa narkoba ketika sedang bertugas. Karena tentu saja, menerbangkan pesawat dalam keadaan di bawah kendali narkoba merupakan sesuatu yang sangat fatal bagi keselamatan penumpang.

Sumber : https://www.briefingwire.com/pr/dosenpendidikan-releases-abrand-new-article-onthe-respiratory-system-of-different-animals