Inggris Bakal Miliki Kereta Cepat Bertingkat
Posted in: Tekno

Inggris Bakal Miliki Kereta Cepat Bertingkat

Inggris Bakal Miliki Kereta Cepat Bertingkat

Inggris Bakal Miliki Kereta Cepat Bertingkat
Inggris Bakal Miliki Kereta Cepat Bertingkat

LONDON – Pemerintah Inggris tengah mewujudkan operasional kereta cepat

bertingkat untuk sejumlah jalur sibuk. Hal ini menjadi solusi bagi transportasi kereta di Inggris yang dinilai sudah terlalu padat. Pemerintah masih mencari investor untuk membiayai proyek kereta tingkat yang akan mulai diproduksi pada 2020. Salah satu desain kereta cepat tingkat yang dipertimbangkan adalah Aeroliner 3000 rancangan Andreas Vogler Studio dan The German Aerospace Center (DLR).

Aeroliner 3000 merupakan pemenang kompetisi rancangan desain kereta cepat bertajuk Tomorrow’s Train Design Today yang digelar oleh Rail Safety and Standards Board bermitra dengan Kementerian Transportasi Inggris beberapa waktu lalu. Desain Aeroliner 3000 juga menjuarai Red Dot: Design Concept 2017.

Menurut Vogler, apabila Aeroliner3000 berhasil mendapatkan pembiayaan bersama

, maka pada 2020 kereta tersebut akan segera terwujud. “Kita berharap membawa desain purwarupa kereta itu ke Inggris pada tahun ini,” ujarnya dilansir Daily Star.

Baca Juga:

Perkembangan Cepat AI dan IoT Paksa Perusahaan Bertransformasi
Alat Sterilisasi Alkohol Bisa Hancurkan Lapisan Luar Virus

Tahun lalu, Vogler memamerkan purwarupa gerbong kereta tingkat dengan panjang sembilan meter dalam Innotrans 2016 di Berlin. Innotrans merupakan pameran internasional terbesar di dunia untuk industri kereta api.

Aeroliner3000 mampu melaju dengan kecepatan 402 km per jam.

Itu sama saja dengan dua kali lipat kecepatan kereta Virgin Trains. Kereta ini dapat menampung 1.400 penumpang di dua lantainya. Hal ini akan meningkatkan kapasitas penumpang hingga 30% dibandingkan kereta umumnya yang sekarang beroperasi di Inggris.

 

Baca Juga :