Posted in: Umum

 Ilmu tafsir

 Ilmu tafsir

Ilmu tafsir pada masa bani abbsiyah berkuasa, mengalami kemajuan pesat. Tafsir pada zaman ini terdiri atas Tafsir bil ma’sur yaitu Al-Quran yang di tafsirkan bil ra’yi, yaitu penafsiran Al-Qur’an dengan mengunakan akal pikiran manusia. Para ahli tafsir bil masur yang terkenal pada masa ituh , antara lain ibnu jarir al-thabry, ibnu Athiyah Al-Andalusy dan As Sundai yang mendasrakan tafsirannya kepada ibnu Abba dan mas’ud; Musqatil bin Suaiman yang tafsrannya ter pengaruh oleh kitab taurat; dan Muhamad bin Ishak yang dalam tafsiranya banyak mengutip cerita israiliyat. Para ahli bil Ra’yi yang terkenal pada masa ituh , anatara lain Abu Bakar Asam, Abu Muslim Muhamd Bin Bahr Isfahany, Ibnu Jarul Al-Asady, Abu Yunus Abdussalam.

2)      Ilmu hadis

Hadist merupakan sumber hokum sumber islam ke dua setelah Al-Qur’an. Pada masa      pemerintahan dinasti abbasiyah, ilmu hadis berkembag dengan pesat. Pada masa banyak lahir para ahli hadis terkemuka

  1. a)Imam bukhari, atau  Abu Abdullah muhamad bin abli hasan al-bukhari. Iman yang lahir di Bukhara pada tahun 194H dan wafat pada tahun 256 di Bagdad ini, banyak melahirkan di bidang ilmu hadis. Di anatara karaya monumental adalah shih bukhary.
  2. b)Iman muslim , atau imam abu muslim bin al-hajjaj al-qushairy al-naisjabury.imam yang wafat pada 261H di nisyabury ini, mempunyai adil dan besar bagi perkembangan ilmu hadis. Karaya yang tekenal adalah shahih muslim.

3)      Ilmu kalam

Sebab-sebab tumbuh dan berkembangnya ilmu kalam di kalanga umat islam sebagaimana telah  di jelaskan di atas, yaitu karena musuh islam ingin melumpuhkan islam dengan mempergunakab filsafat dan hampir semua masala, termasuk masalah agama telah berkisar pada pola rasa, akal, dan ilmu. Sebab itu para ulama islam tentang untk menggal ilmu kalam agar dapat menadingi filsafat bangsa lain. Di antara pelopor dan ahli ilmu kalam adalah wasil bin atha. Abu huzail al-allaf, ad-dhaham, abdul hasan, al-asy’ary, dan imam ghazali.

4)      Ilmu tasawuf

Ilmu tawuf ilmu syariat. Inti ajaran adalah tekun beridah dengan menyerahan diri sepenuhnya kepada allah, meninggalkan atau  menjauhkan diri dari kesenangan dan rahasia dunia, serta bersembunyi diri untuk beribadah. ilmu ini mengalami kemajuaanya pada saat-saat akhir pemerintahan Abbasiyah. Meskipun jauh sebelumnya, yakini pada Rasulullah SAW, khulafaur rasyidin dan bani Umayyah, ilmun ini telah ada, tapi belum mengalami kemajuan seperti pada masa abbasiyah

5)      Ilmu bahasa

Yang dimaksud ilmu bahasa adalah ilmu nahwu, saraf, bayan ,badi, arud,  dan lain-lain. Ilmu bahasa pada masa dinasti abbasiyah berkembang dengan pesat karna bahasa arab yang semakin berkembag memerlukan  ilmu bahasa yang menyeluruh. Kota basarah dan kufah merupakan pusat pertumbuhaan dan kegiatan ilmu bahasa(ilmu lugah).

6)      Ilmu fikih

Ilmu fikih dan usul fikih juga mengalami puncak perkmbangan pada masa ini. Banyak para fuqaha yang terkenal dan karaya-karaya mereka masih banyak kita nikamati sampai saat ini. Diantara para tokoh yang berjasa dalam mengembangan ilmu fikih , yaitu imam Abu hanifah dengan karaya fiqhu Akbar, Al-Alim wal Mutaan dan lain-lain; imam malik dengan karyanya dengan karyanya yang terkenal adalah yakni kitab            Al-Muwatha; imam syaf’I dengan karyanya yang terkenal adalah yakni  al um dan usul fkih  imam ahmad bin hanbal dengan karya yang terkenal yaitu  musnad, yang memuat 2.800 sampai 2.900 hadist nabi .

https://movistarnext.com/