etika dalam chatting

Table of Contents

etika dalam chatting

etika dalam chatting
etika dalam chatting

Internet memiliki budayanya sendiri dan setiap orang yang termasuk didalamnya harus mengikutinya. Anak-anak, remaja, dan orang dewasa harus diinisiasi terlebih dahulu tentang apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan dalam hal chatting di Internet. Saat seseorang berkomunikasi secara elektronik, yang bisa dilihat hanyalah layar komputer. Tak ada kesempatan untuk menggunakan ekspresi wajah, gerak tubuh, dan intonasi suara untuk menyampaikan maksud kita; hanya kata-kata yang melakukan hal-hal tersebut. Dalam chatting, sebaiknya kita mengikuti aturan umum yang berlaku, seperti halnya kita melakukan aturan umum di kehidupan nyata. Janganlah tergoda untuk melakukan sesuatu yang illegal di dunia maya, karena hal itu akan dianggap sebagai netika yang buruk.

Terkadang, sulit untuk mengetahui hal apa saja yang harus dibicarakan saat memasuki sebuah ruang chat. Setelah kata pembuka (seperti “halo”) selesai, biasanya hanya keheningan yang mengikuti. Saat hal ini terjadi, kita bisa bertanya sesuatu atau berbagi cerita lucu. Percakapan akan terus berlanjut tanpa kita sadari saat kita berhasil membuat percakapan yang menarik.

Sebaiknya pergunakan beberapa singkatan dan akronim untuk menggambarkan perasaan kita. Misalnya saja, ketikkan LOL (Laughing Out Loud) saat kita menemukan suatu hal lucu. Hal ini sangat membantu, karena orang lain di ruang chat tak bisa melihat wajah kita ataupun mendengar intomasi suara kita, sehingga mereka tak tahu apakah kita sedang bercanda atau tidak. Jika kita harus meninggalkan ruang untuk minum atau untuk menjawab telepon, ketiklah BRB (Be Right Back). Dengan cara ini seseorang yang ingin bertanya pada kita akan menunggu, sampai kita menyatakan telah kembali ke dalam ruang chat. Jika tiba-tiba ada singkatan atau akronim yang tidak kita mengerti, cukup tanyakan saja karena orang yang menulisnya akan menjelaskan hal tersebut.

Selain hal-hal di atas, ada beberapa hal lainnya yang berkaitan dengan etika serta hal yang harus diperhatikan dalam chatting:

  1. Saat memulai percakapan, periksalah terlebih dahulu apakah itu waktu yang tepat bagi orang lain.
  2. Aturlah status online kita untuk menggambarkan keadaan kita saat ini, apakah kita siap untuk chatting, sibuk, ataupun sedang pergi.
  3. Mengetik pesan singkat yang banyak lebih baik daripada mengetik pesan panjang yang sedikit.
  4. Jangan pernah memberikan nama belakang kita dan janganlah menggunakan usia kita sebagai bagian dari nick kita.
  5. Jangan pernah memberikan alamat serta nomor telepon kita.
  6. Janganlah menerima file dari orang-orang yang tidak kita kenal dan janganlah memberikan foto kita pada orang tersebut.
  7. Cobalah untuk tetap pada topik.

Sumber : https://superforex.co.id/taxi-sim-apk/