Cara Menanggulangi Fitur Pelacakan atau Tracking di Smartphone
Posted in: Tekno

Cara Menanggulangi Fitur Pelacakan atau Tracking di Smartphone

Cara Menanggulangi Fitur Pelacakan atau Tracking di Smartphone

 

Cara Menanggulangi Fitur Pelacakan atau Tracking di Smartphone
Cara Menanggulangi Fitur Pelacakan atau Tracking di Smartphone

Fitur pelacakan lokasi bisa sangat bermanfaat terutama untuk memberitahukan kepada penggunanya mengenai keberadaan

sebuah tempat yang ingin mereka tuju.

Namun, ternyata fitur ini juga bisa menjadi bumerang tersendiri bagi para penggunanya. Sebab, sebagian besar penyedia layanan tersebut, termasuk Google, akan melakukan pengawasan dalam tanda kutip.

Itu berarti, dengan menggunakan fitur atau aplikasi pelacak lokasi ini memungkinkan penyedia layanan untuk turut serta mendapatkan data dan riwayat pelacakan Anda selama pemakaian aplikasi tersebut.

Seiring dengan berkembangnya industri aplikasi pelacak lokasi untuk smartphone, sebuah laporan yang dikutip dari laman Tom’s Guide mengatakan sudah ada miliaran ping lokasi yang terkumpul di database sejumlah perusahaan aplikasi tersebut.

Data tersebut memungkinkan pihak manapun yang mendapatkannya bisa untuk melacak smartphone seseorang yang berada di sejumlah tempat seperti perkotaan, restoran dan lainnya.

Dengan begitu, aplikasi atau fitur tersebut kini menjadi sangat dipertanyakan terkait keamanannya bagi para pengguna

smartphone di seluruh dunia.

Hal ini memungkinkan sejumlah oknum tidak bertanggung jawab untuk menyalahgunakan data dan melacak smartphone seseorang untuk dijadikan target tindak kriminal.

Jika Anda khawatir dengan cara aplikasi ini bekerja, maka yang perlu Anda lakukan adalah cukup dengan mematikan layanan lokasi di perangkat untuk mengatasi 90 persen terkait hal tersebut.

Selain itu, bagi pengguna Android Anda juga disarankan untuk mengatur ulang layanan iklan pada akun ID. Caranya buka menu Pengaturan, lalu pilih Google dan cari opsi Iklan.

Kemudian pilih reset untuk mengatur ulang ID atau bisa juga dengan matikan personalisasi iklan agar perangkat Anda dapat membatasi iklan yang dapat melacak lokasi.

Tanpa disadari, perangkat Android juga biasanya bisa melacak pergerakan dan aktivitas Anda melalui beberapa aplikasi bawaan seperti Google Photos dan Google Chrome, demikian ditulis The Verge.

Jika hal ini dirasa menakutkan, Anda bisa mengikuti langkah – langkah berikut untuk mematikan sejumlah aplikasi bawaan yang menggunakan fitur pelacakan lokasi.

– Buka https://myactivity.google.com/

– Pilh “Activity Controls”

– Gulir ke bawah dari daftar aplikasi

– Pilih aplikasi yang ingin Anda matikan layanan lokasinya

Baca Juga: