Cara Jitu Mengatasi Anak yang Susah Makan

Cara Jitu Mengatasi Anak yang Susah Makan

Banyak orang tua yang merasa putus asa menghadapi masalah ini. Namun, sebetulnya ada sejumlah cara jitu menanggulangi anak yang sulit makan. Berikut tipsnya.

Kenali Penyebab Susah Makan Pada Anak

Susah santap pada anak dapat disebabkan oleh tidak sedikit hal, tidak saja masalah selera santap yang hilang. Berbagai penyebabnya antara lain:

Gangguan pada organ pencernaan
Bosan dengan rasa makanan
Mencari perhatian
Tidak benar-benar lapar
Suasana santap yang tidak menyenangkan
Kenali penyebab susah santap pada anak, lalu usahakanlah mencari penyelesaian yang sehubungan dengan penyebab tersebut.

Buat Variasi Makanan

Anda dapat menciptakan variasi makanan untuk menanggulangi anak yang sulit makan. Misalnya, membuat ragam bentuk makanan yang lucu laksana nasi berbentuk boneka atau karakter kesayangannya. Di samping itu, kita dapat menciptakan jadwal menu makanan sekitar seminggu yang bertolak belakang setiap harinya. Variasi menu ini diinginkan dapat meminimalisir rasa jenuh si kecil terhadap makanan.

Menyajikan Makanan dalam Porsi Kecil

Terkadang orang tua tak sempat bahwa si kecil mempunyai kapasitas lambung yang kecil pula. Mereka memaksa si anak untuk menguras porsi makannya, sebenarnya dia barangkali saja baru menguras sebotol susu. Alih-alih memaksanya begitu, lebih baik sajikan makanan dalam porsi kecil—tapi berikan dengan sering. Hal ini jauh lebih efektif untuk menanggulangi anak yang susah santap daripada memaksanya menguras porsi santap besarnya.

Ciptakan Suasana Makan yang Menyenangkan

Selera santap anak tidak jarang kali diprovokasi oleh mood. Menciptakan suasana santap yang mengasyikkan dapat membetulkan mood si kecil. Jadi, hindari membentak, menakut-nakuti, atau menakut-nakuti si kecil untuk menguras makanan mereka. Hal ini dapat memunculkan trauma pada anak yang membuatnya membenci kegiatan makan.

Atur Jadwal Makan

Mengatur jadwal santap setiap hari dapat menangkal terjadinya susah santap pada anak. Anak yang telah terbiasa santap dengan jadwal yang tertata akan memiliki kelaziman makan di jam yang sama.

Mengajak Anak Menyiapkan Makanannya

Rasa hendak tahu anak terhadap hal-hal baru sangatlah besar. Mengajak anak tercebur dalam pekerjaan menyiapkan makanannya bisa menjadi urusan baru yang unik baginya. Hal ini dapat menolong anak lebih tertarik pada makanan dan inginkan memakannya.

Hindari Memberikan Minuman Terlalu Sering di Sela Waktu Makan

Saat anak makan, usahakan guna tidak menyerahkan minum terlampau sering. Hal ini disebabkan kapasitas lambung anak paling kecil sehingga andai sudah sarat terisi air, selera makannya bakal hilang.

Siapkan Kudapan yang Sehat

Anda telah mencoba sekian banyak cara untuk menanggulangi anak yang sulit makan, namun hasilnya tidak cocok harapan. Solusi berikutnya, usahakanlah memberinya kudapan atau makanan enteng yang sehat. kita dapat menciptakan kroket isi daging, sayur, dan keju, atau menciptakan puding susu dengan topping potongan buah segar. Makanan enteng tersebut tidak melulu memberikan variasi rasa, tetapi pun dapat memenuhi keperluan nutrisi hariannya.

Sumber : http://www.fotka.pl/link.php?u=https://www.pelajaran.co.id