Posted in: Kesehatan

Buah Bergizi yang Harus Anda Makan Selama Kehamilan

Selama kehamilan, si kecil bergantung pada Anda untuk memberikan nutrisi yang mereka butuhkan. Itulah mengapa inilah saatnya memastikan Anda membuat pilihan makanan terbaik untuk bayi – dan untuk diri Anda sendiri.

Penting untuk mengonsumsi makanan yang seimbang yang mencakup banyak buah dan sayuran. Makanan yang kuat ini memiliki banyak hal yang Anda – dan bayi Anda – butuhkan agar tetap sehat.

Mari bicarakan tentang hal-hal terbaik yang ingin Anda simpan. Dan jangan lupa: Buah dan sayuran beku dan kalengan sering kali sama bergizi seperti jenis segar, jadi jangan merasa Anda harus mendapatkannya langsung dari pasar petani.

Manfaat makan buah saat hamil

Saat Anda hamil, penting untuk makan makanan bergizi dan menghindari kalori kosong. Faktanya, jika Anda kebanyakan makan makanan cepat saji selama kehamilan, Anda mungkin membuat bayi Anda menyukai lemak dan gula seumur hidup, menurut sebuah penelitian tahun 2013.

Buah dan sayur kaya akan nutrisi. Saat Anda menambahkan variasi ke dalam makanan Anda, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan sebagian besar vitamin, mineral, dan serat yang Anda dan bayi Anda butuhkan.

Makan buah dan sayuran juga membantu mencegah sembelit, gejala umum selama kehamilan. Bawa Anda ke lorong produksi dan Anda tidak akan menyesalinya.

7 buah bergizi yang harus Anda makan selama hamil

Jika Anda sedang hamil, Anda mungkin menginginkan sesuatu yang manis. Tapi cobalah untuk tidak membuat kebiasaan meraih sepotong kue atau permen untuk memuaskan gigi manis itu. Buah adalah solusi yang tepat.

Ini menawarkan rasa manis yang Anda dambakan dan nutrisi yang Anda butuhkan. Nikmati buah-buahan ini sebagai bagian dari diet kehamilan yang sehat dalam salad, smoothie, yogurt, atau sebagai camilan kapan saja.

1. Jeruk

Jeruk membantu Anda tetap terhidrasi. Mereka juga merupakan sumber folat atau asam folat yang bagus. Folat merupakan vitamin B yang sangat penting dalam membantu mencegah kerusakan otak dan sumsum tulang belakang atau disebut juga dengan neural tube defect.

American College of Obstetrics and Gynecology (ACOG) merekomendasikan untuk mengonsumsi 400 mikrogram (mcg) asam folat per hari sebelum Anda mulai mencoba untuk bayi, lalu setidaknya 600 mcg per hari saat hamil.

Jeruk juga merupakan sumber terpercaya vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel. Ini juga membantu tubuh Anda menyerap zat besi.

Selain itu, tidak ada salahnya jika bom vitamin kecil ini begitu enak.

2. Mangga

Mangga adalah sumber vitamin C lainnya. Satu cangkir memberi Anda 100 persen Sumber Tepercaya dari tunjangan harian yang Anda rekomendasikan.

Mangga juga tinggi vitamin A. Kekurangan vitamin A saat lahir dikaitkan dengan kekebalan yang lebih rendah dan risiko komplikasi yang lebih tinggi, seperti diare dan infeksi saluran pernapasan.

Meskipun jarang, sangat mungkin untuk mendapatkan terlalu banyak vitamin A, menurut tinjauan penelitian tahun 2019. Mangga adalah tambahan yang bagus untuk diet kehamilan Anda, tetapi makanlah secukupnya, bersama dengan berbagai buah lainnya.

3. Alpukat

Alpukat memiliki lebih banyak folat dibanding buah lainnya. Mereka juga merupakan sumber yang terpercaya dari:

  • vitamin C
  • vitamin B
  • vitamin K
  • serat
  • kolin
  • magnesium
  • kalium

Beberapa wanita mengatakan bahwa alpukat membantu meredakan mual, kemungkinan karena kandungan kalium dan magnesium dalam buah ini.

Kalium juga dapat membantu meredakan kram kaki, gejala kehamilan yang umum. Kram kaki sering kali disebabkan oleh rendahnya kalium dan magnesium.

Kolin penting untuk perkembangan otak dan saraf bayi Anda. Kekurangan kolin dapat menyebabkan cacat tabung saraf dan gangguan memori seumur hidup.

Berikut ini banyak cara untuk memasukkan avo yang lezat ke dalam makanan Anda.

4. Lemon

Dalam sebuah studi tahun 2014, orang hamil melaporkan beberapa keberhasilan dalam menggunakan lemon atau aroma lemon untuk membantu meredakan mual terkait kehamilan.

Lemon juga tinggi vitamin C. Mereka membantu menstimulasi sistem pencernaan untuk meredakan sembelit.

Pertimbangkan untuk menambahkan beberapa ke air atau teh Anda atau menggunakannya dalam resep ayam lemon Mediterania ini.

5. Pisang

Pisang adalah sumber lain kalium yang terpercaya. Mereka juga mengandung vitamin B6, vitamin C, dan serat.

Sembelit sangat umum terjadi selama kehamilan. Ini mungkin disebabkan oleh:

  • tekanan uterus di usus
  • khawatir
  • kegelisahan
  • diet rendah serat
  • zat besi dalam vitamin prenatal

Menambahkan pisang kaya serat dapat membantu. Penelitian dari 2014Trusted Source menunjukkan bahwa vitamin B6 dapat membantu meredakan mual dan muntah di awal kehamilan juga.

6. Berries

Buah beri – seperti blueberry, raspberry, stroberi, blackberry, dan goji beri – kaya akan segala jenis kebaikan, seperti:

  • karbohidrat
  • vitamin C
  • serat
  • folat

Mereka juga mengandung fitonutrien seperti flavonoid dan antosianin.

Karbohidrat memberi Anda energi yang sangat dibutuhkan, dan mereka dengan mudah melewati plasenta Anda untuk memberi makan bayi Anda.

Sangat penting untuk makan sebagian besar karbohidrat kompleks padat nutrisi seperti beri, bukan karbohidrat sederhana yang diproses seperti donat, kue, dan kue kering.

Pertimbangkan untuk membuat smoothie dengan pisang dan beri untuk makanan atau camilan yang kaya vitamin.

Baca juga: