Biaya Operasional Sekolah Mesti Dipenuhi
Posted in: Pendidikan

Biaya Operasional Sekolah Mesti Dipenuhi

Biaya Operasional Sekolah Mesti Dipenuhi

Biaya Operasional Sekolah Mesti Dipenuhi
Biaya Operasional Sekolah Mesti Dipenuhi

Biaya operasional sekolah mesti dipenuhi dengan baik oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat

dengan adanya kebijakan biaya SPP gratis pada tingkat SMA sederajat. Dengan demikian, mutu pendididikan dapat tetap terjaga.

Kepala SMKN 7 Kota Bekasi Lusharyan Wanturol Tulistyowati mengatakan, sepakat adanya kebijakan biaya SPP gratis. Namun dengan catatan pemerintah harus mampu memenuhi kebutuhan sekolah dengan baik.

”Jika dalam keputusan tersebut pemerintah provinsi Jawa Barat dapat memenuhi kebutuhan sekolah dengan baik, maka saya sangat setuju sekali, karena nantinya orang tua juga tidak berat untuk menyekolahkan putra dan putrinya,” ujar Lusharyan kepada Radar Bekasi, Kamis (28/11).

Jika kebutuhan sekolah tak terpenuhi dengan baik, akan berimbas pada penurunan kualitas pendidikan

. Sebab, selama ini dana komite yang dikelola oleh sekolah lebih banyak dianggarkan kedalam peningkatan sumber daya manusia dan memenuhi alat praktik sesuai dengan jurusan sekolah.

”Selama ini dana komite yang diterima oleh sekolah melalui pendanaan SPP kami buat untuk melengkapi dan meningkatkan sumber daya manusia, mulai dari pengembangan diri siswa, staff tata usaha (TU), guru serta tim manajemen sekolah,” tuturnya.

Hal senada diungkapkan Kepala SMAN 2 Kota Bekasi Ekowati. Perempuan yang juga menjabat

sebagai Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kota Bekasi ini mengungkapkan, pemerintah mesti menanggung biaya operasional sekolah guna tetap memenuhi delapan standar pendidikan.

”SPP boleh saja digratiskan yang penting kebutuhan operasional sekolah untuk 8 standar pendidikan dapat dipenuhi, sehingga mutu pendidikan tetap terjaga,” ungkap Ekowati.

Sementara, Kepala SMKN 3 Kota Bekasi Boan mengungkapkan, penggratisan biaya SPP diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan, bukan sebaliknya.

 

Baca Juga :