Tips Mengajari Anak Menabung Sejak Dini

Penting sekali menanamkan disiplin menabung bagi anak-anak Anda adalah investasi terpenting dan tiap orangtua harus bisa mengajarinya sejak dini. Dengan mengajarkan anak-anaknya tentang bagaimana cara menyimpan uang, sehingga dengan begitu Anda pun bisa memastikan bahwasannya mereka jadi perencana keuangan yang sangat baik saat anak tumbuh dewasa.

Tips Mengajari Anak Menabung Sejak Dini
Tips Mengajari Anak Menabung Sejak Dini

Anak-anak merupakan pelajar terbaik dan juga mengajarkan mereka tentang bagaimana cara menabung merupakan tugas yang sangat sederhana.

Tips mengajari anak menabung sejak dini

Bantu anak untuk menetapkan tujuan

Anak-anak usia dini akan dengan mudahnya belajar untuk menyimpan setelah mereka mempunyai tujuan penghematan. Sebagai lawannya adalah pada saat anak meminta untuk dibelikan sesuatu. Anda harus memberikan arahan yang terbaik supaya mereka mau menabung. Dengan cara yang satu ini dorongan untuk beli sesuatu akan berkurang serta kemungkinan mereka akan aktif untuk menabung. Duduk dengan anak Anda lalu terapkan tujuan apa saja yang seharusnya dibeli lewat tabungan. Anda juga bisa atur jadwal yang tunjukkan harga barang pada akumulasi tabungan. Sehingga anak Anda juga bisa bayangkan jarak yang akan ditempuh.

Dorong anak untuk sisihkan uang sakunya

Apabila Anda memberi anak uang saku setiap harinya, maka Anda harus selalu mendorong anak Anda untuk menyimpan sebagian dari uang sakunya tersebut.

Buka rekening bank dengan ajak anak

Pembukaan rekening bank bersama anak ini juga akan membantu mereka untuk lebih pahami proses perbankan di tahapan awal dalam kehidupan mereka. Bank nantinya akan memainkan bagian terpenting dari keuangan Anda dan penting bahwasannya anak juga dapat belajar pada tahapan awal.

Ajarkan anak untuk habiskan apa yang dia mampu

Yang demikian ini memiliki peranan yang cukup penting sekali bahwasannya Anda ajarkan anak untuk habiskan hanya pada apa yang dia mampu. Ini akan lindungi anak dari perangkap kartu kredit. Anda harus bantu anak-anak secara sadar sesuai kebutuhan mereka untuk apa yang mereka mampu. Bila item terlalu mahal bagi dana yang dia miliki sekarang ini, maka Anda bisa ajari anak Anda bagaimana menyimpan sampai mampu atau pun bagaimana untuk memilih alternatif yang lebih terjangkau untuk item yang sama.

Dorong anak untuk hemat

Tips lainnya untuk mendorong anak supaya berhemat adalah dengan cara mencocokan kontribusi tabungannya. Anda di sini bisa meminta mereka untuk menghemat setengah dari biaya barang-barang yang ingin mereka beli dan Anda bisa berkontribusi setengah yang lainnya. Dengan cara yang seperti ini maka anak Anda nantinya bisa didorong untuk menyimpan lebih banyak lagi sebab jumlah dari pencocokan juga akan lebih.

Demikian tips mengajari anak menabung sejak dini yang bisa kami informasikan kepada Anda semuanya. Semoga bermanfaat. sumber : www.dosenpendidikan.com