Strategi Investasi bagi Pemula dan Pilihan Instrumen Investasi Terbaik

Strategi Investasi bagi Pemula dan Pilihan Instrumen Investasi Terbaik

Rekan Kerja, pernahkah Anda berpikir untuk menginvestasikan uang Anda? Pahamkah Anda apa investasi itu? Investasi merupakan tidak benar satu langkah untuk menyimpan uang Anda dengan meraih keuntungan dari yang Anda investasikan.

Beberapa orang mulai ragu untuk berinvestasi dan kemungkinan Anda tidak benar satunya. Hal-hal yang sebabkan orang ragu untuk berinvestasi gara-gara mereka tidak paham kapan selagi yang tepat untuk berinvestasi dan instrumen investasi terbaik apa yang mereka harus pilih. Pada kenyataannya, kapan pun Anda menginvestasikan uang Anda untuk pertama kali, selagi dapat berpihak pada Anda. Sebuah pilihan investasi yang tepat dapat menambahkan Anda keuntungan pada akhirnya. Pertanyaan tentang kapan selagi terbaik untuk investasi tergantung pada beberapa indikator:

1. Tentukan jangka selagi investasi

Hal yang harus dipikirkan secara matang ialah berapa lama Anda dapat berinvestasi. Perbedaan instrumen investasi tawarkan keuntungan yang berbeda, punyai risikonya tiap-tiap dan hanya cocok pada jangka selagi tertentu.

2. Tetapkan tujuan investasi

Mengharapkan keuntungan dari investasi untuk menggapai tujuan khusus sanggup merubah pilihan instrumen investasi dan kapan selagi yang tepat untuk memulai investasi. Apakah tujuan investasi untuk sekadar merenovasi tempat tinggal atau belanja mobil idaman? Atau apakah tujuan investasi untuk keperluan di masa depan seperti dana pensiun atau pendidikan anak?

3. Kematangan kebolehan pengelolaan keuangan Anda

Memiliki hasrat keras dan prinsip menyisihkan uang dari beberapa pendapatan Anda untuk berinvestasi berpengaruh pada keputusan Anda kapan selayaknya Anda memulai untuk investasi. Komitmen untuk mengontrol pengeluaran juga harus diperhatikan.

Menurut Direktur BNI Aset Management Putut Endro Andanawarih menyatakan bahwa selagi terbaik untuk investasi datang tiap tiap saat, jikalau calon investor punyai tujuan investasi yang matang dan dana memadai untuk investasi.

Lalu, instrumen investasi manakah yang terbaik untuk Anda? Berikut kami memberikan tiga pilihan terbaik dari instrumen investasi jangka panjang dan jangka pendek sebagai bahan pertimbangan Anda memilih instrumen investasi:

3 Instrumen Investasi Jangan Pendek Terbaik

P2P Lending
Peer to Peer Lending merupakan bentuk investasi dengan proses mempertemukan pemberi utang (kreditur) dengan peminjam (debitur) yang dilaksanakan secara online. P2P Lending juga sanggup menjadi produk investasi. Sistem P2P Lending tidak memanfaatkan jasa dari bank sebagai perantara. Jangka selagi investasi P2P berkisar dari satu bulan sampai satu tahun. Imbal hasil yang diberikan berbeda-beda, namun cenderung lebih besar jikalau dibanding dengan bunga deposito, yakni lebih kurang 15% per tahun.

Reksa Dana Pasar Uang (RDPU)
RDPU juga disebut dengan money market funds. Investasi RDPU cenderung lebih rumit dibanding obligasi atau instrumen lain. Namun, di dalam berinvestasi, para investor dapat dibantu oleh manajer investasi (MI) di dalam mengelola uang investasi Anda. Keuntungan yang di tawarkan serupa dengan bunga menabung di bank konvensional, lebih kurang 8,27%.

Deposito

Deposito merupakan instrumen investasi yang akrab di masyarakat. Deposito merupakan produk simpanan di bank yang penarikannya hanya sanggup dilaksanakan pada selagi tertentu. Periode penyimpanan berkisar dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan atau setahun. Keuntungan yang diberikan berkisar 8%. Deposito punyai risiko kerugian yang kecil, namun harus diperhatikan bahwa bunga deposito sanggup tetap mengecil.

3 instrumen Investasi Jangka Panjang Terbaik

Investasi Properti

Memulai investasi properti sanggup dilaksanakan dengan melacak tempat tinggal berkisar 200 juta ke bawah gara-gara harga kisaran selanjutnya tidak sukar untuk menemukan tujuan penyewa atau pembeli.

Emas

Investasi emas merupakan tidak benar satu pilihan yang memadai menguntungkan gara-gara harga emas yang memadai stabil. Dalam momen-momen khusus harga jual emas mengalami kenaikan. Ketika di moment tertentu, emas sanggup dibeli dengan harga terjangkau.

Obligasi
Obligasi punyai pengertian sebagai surat bukti yang dikeluarkan sebagai bentuk bukti perlindungan utang kepada pihak yang udah menerbitkan obligasi. Surat selanjutnya harus dilunasi pada tanggal jatuh tempo yang udah ditentukan. Obligasi menambahkan hak atas jatah keuntungan jika pemegang obligasi berupa badan dengan karakteristik deviden, keuntungan selanjutnya tidak terkena pajak.

Kesimpulannya ialah instrumen investasi terbaik bagi diri sendiri ialah instrumen investasi yang sanggup mencukupi keperluan Anda. Memulai investasi sedini kemungkinan dengan menyisihkan uang “dingin” yang Anda punya, pilihlah instrumen yang cocok bagi keperluan Anda. Cobalah untuk berinvestasi dengan modal kecil namun dilaksanakan secara bertahap.

Baca Juga :