Pemerkosa & Paedofilia Boleh Saja Dilakukan

Pemerkosa & Paedofilia Boleh Saja Dilakukan

Pemerkosa & Paedofilia Boleh Saja Dilakukan
Pemerkosa & Paedofilia Boleh Saja Dilakukan

 

Polandia memberikan hukuman pengebirian

terhadap pelaku paedofilia dan pemerkosaan, dengan cara menelan pil untuk mengendalikan hasrat seksual mereka. Hukuman semacam ini dinilai bisa saja dilakukan, namun belum cocok diterapkan di Indonesia.

“Bisa saja itu diterapkan, tapi di Indonesia masih jauh untuk ditetapkan aturan ke arah sana,” kata pakar hukum pidana Universitas Gajah Mada (UGM), Eddy OS Hiariej kepada detikcom, Rabu (9/6/2010).

 

Menurut Eddy, sanksi terhadap pelaku perbuatan pidana di Indonesia

itu masih ditetapkan berdasarkan undang-undang. Namun dia menambahkan, tidak setiap tindakan pidana itu harus berujung di dalam penjara.

 

“Tidak mesti perbuatan pidana itu dipenjarakan

tindakan itu (pengebirian) bisa jadi salah satu sanksi,” ujar dia. Dia berharap dengan menelan pil itu para pelaku hendaknya menjadi jera atas tindakannya. Tapi, tetap saja pemberian pil itu harus melalui pengawasan agar si pelaku tidak menganggap sepele sanksi itu.

“Kalau diberi pil (pil pengendali hasrat seksual) itu, saya rasa mereka tidak akan bisa melakukan (pemerkosaan atau paedofilia) itu lagi,” jelas dosen fakultas Hukum UGM ini.

Sebelumnya, pemerintah Polandia mulai menerapkan hukuman pengebirian bagi pelaku pemerkosaan dan paedofilia. Hukum itu dinilai paling keras di Benua Eropa.

Baca Juga :