Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan

Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan

Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan – Surat pengakuan memang diperlukan bagi sesorang untuk tunjukkan diri secara tercantum agar punya keterikatan bakal suatu hal. Cara menyebabkan surat pengakuan kesanggupan tidaklah begitu sulit, pada kebanyakan serupa saja dengan surat pengakuan lainnya. Dibawah bakal saya berikan sebuah perumpamaan surat pengakuan kesanggupan yang baik dan benar, namun sebelum saat itu mari kita liat terlebih dahulu apa itu surat pengakuan kesanggupan.

Pada tulisan pada mulanya tentang macam perumpamaan surat pernyataan, sudah saya singgung sedikit tentang pengertian surat pengakuan kesanggupan diri, yakni surat yang dibikin oleh seseorang untuk tunjukkan bahwa dirinya dapat untuk jalankan pekerjaan atau aktifitas spesifik yang dibebankan pada dirinya. Secara umum ada tiga hal pokok yang wajib ada di dalam surat pernyataan, yakni :

  1. Dibuat berdasarkan fakta
  2. Dibuat tanpa paksaan pihak manapun
  3. Menyatakan siap dihukum kecuali terbukti tidak sesuai dengan pernyataan

Jadi di dalam menyebabkan surat pengakuan kesanggupan, tiga hal diatas haruslah Anda penuhi. Lalu bagaimana format surat pengakuan kesanggupan? selanjutnya ini bakal saya bagikan perumpamaan surat pengakuan kesanggupan semoga dapat menjadi referensi untuk Anda semua.

Yang bertanda tangan di bawah ini :

 

Nama                                  : Andi Saputra

Tempat dan tanggal lahir     : Banda Aceh, 26 Februari 1989

Agama                               : Islam

Alamat                               : Jl, Widuri No. 43 Neusu Banda Aceh

Dengan ini tunjukkan dengan sesungguhnya, bahwa saya :

  1. Tidak dulu dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah membawa kapabilitas hukum yang tetap, dikarenakan jalankan suatu hal tindak pidana kejahatan;
  2. Tidak dulu diberhentikan dengan hormat tidak atas keinginan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
  3. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri / Pegawai Negeri;
  4. Bersedia diletakkan di seluruh Wilayah Negara Republik Indonesia atau Negara lain yang ditentukan oleh Pemerintah;
  5. Tidak sedang menjadi pengurus dan/atau bagian partai politik;
  6. Bersedia meniti ikatan dinas minimal dua tahun, atau sebagaimana yang ditentukan.

Demikian pengakuan ini saya buat dengan sesungguhnya, dan saya bersedia dituntut dimuka pengadilan dan juga bersedia menerima segala tindakan yang diambil alih oleh Pemerintah, seandainya dikemudian hari terbukti pemyataan saya tidak benar.

Banda Aceh, 17 September 2015

Yang menyebabkan pernyataan,

 

Materai Rp. 6.000,-

Andi Saputra

 

Baca Juga: