Ciri Ikan Segar Bermutu Bagus

Ciri Ikan Segar Bermutu Bagus – Permintaan konsumsi ikan ketika ini kian tahun kian meningkat sesuai dengan peningkatan pengetahuan gizi makanan yg baik dikonsumsi pada kalangan rakyat global. Gizi ikan telah dikenal poly kalangan, yg paling tinggi komponen dalam ikan, yaitu protein. Sehingga ikan berperan buat menaikkan gizi terutama protein, selain itu produksi ikan pula dapat menambah devisa negara dengan ekspor ikan segar, beku ataupun olahan.

Pada produksi ikan pascapanen dibutuhkan pengendalian mutu ikan supaya permanen rupawan. Ikan memiliki kelemahan yg sangat riskan sesudah mereka ditangkap atau dipanen. Kelemahan ikan selesainya ditangkap atau dipanen yaitu menjadi berikut :

Ikan mempunyai kadar air yg tinggi pada dalam tubuhnya. Sehingga bila ikan sudah mangkat , kadar air yang tinggi ini mengakibatkan mudahnya mikroorganisme buat tumbuh berkembang dalam ikan sebagai akibatnya bisa mengakibatkan kerusakan komponen pada ikan.

Daya simpan ikan setelah dipanen atau ditangkap sangat pendek sebagai akibatnya dibutuhkan penanganan pasca panen misalnya diolah atau dibekukan buat menaikkan daya simpan ikan.

Praktis mengalami penurunan kualitas seperti rona, bau, tekstur, & rasa.

Penjualan ikan pada pasaran sangatlah akbar, kita dapat menemui banyak sekali jenis ikan di pasar tradisional juga terkini. Bagi beberapa orang lebih memilih ikan segar dibanding dengan ikan yang telah dibekukan atau dalam bentuk lain. Alasan primer mengapa banyak orang memilih ikan segar lantaran rasa daging yg lebih lezat dibanding ikan pada bentuk lain. Oleh karena itu khalayak luas, terutama mak rumah tangga harus mengetahui ciri-karakteristik ikan segar & tidak segar, sehingga dapat memperoleh ikan segar dengan kualitas baik buat dikonsumsi famili.

Berikut karakteristik-ciri ikan segar

  • Ikan segar akan tampak lebih cerah, terperinci, mengkilat, lapisan lendir pada tubuh ikan jernih, transparan, dan belum terdapat perubahan warna.
  • Mata ikan segar masih tampak lebih cerah dan kondisinya masih menonjol keluar.
  • Insang ikan segar masih dalam kondisi menggunakan rona merah cerah.
  • Sisik ikan segar masih tampak cerah & melekat.
  • Aroma ikan segar masih segar & normal.
  • Daging ikan segar lebih kenyal.

Kondisi ikan sangat bergantung dalam bagaimana penanganan yang dilakukan sehabis ikan ditangkap atau dipanen. Sehingga untuk beberapa ikan yang mempunyai nilai irit tinggi seperti gurame, kerapu, & lobster lebih sangat baik bila dipasarkan atau dijual pada syarat masih hayati dikarenakan ikan hidup memiliki taraf kesejukan yg lebih tinggi dibanding dengan ikan yang telah usang tewas. Kondisi ikan mati kian hari akan mengalami penurunan mutu, fisiknya maupun komponen gizi yg terkandung pada tubuh ikan tersebut.

Sumber : www.faunadanflora.com