Cara Menyemai Benih Tanaman Sayur bersama dengan Benar

Cara Menyemai Benih Tanaman Sayur bersama dengan Benar

Cara Menyemai Benih Tanaman Sayur – Menyemai benih tanaman sayuran tidak sama bersama dengan cara menyemai benih padi dan tanaman kacang-kacangan. Menyemai benih sayuran banyak sekali yang perlu diperhatikan, mulai berasal dari media tanam, air, dan kelembaban daerah penyemaian benih. Dengan perhatikan aspek-aspek tersebut, maka kegagalan didalam meyemai benih dapat bisa diminimalisir sekecil mungkin.

Sebagian besar tipe tanaman sayur diperbanyak bersama dengan biji. Hanya beberapa yang diperbanyak bersama dengan cara lain. Misalnya, kentang diperbanyak bersama dengan setek umbi. Labu siam diperbanyak bersama dengan cara menanam buahnya yang sudah tua. Bawang merah dan bawang putih diperbanyak bersama dengan umbinya.

Benih tanaman sayur ditanam bersama dengan dua cara, yaitu disemai lebih dulu dan ditanam segera di lahan. Jenis sayuran yang benihnya bisa segera ditanam adalah bayam cabut, kangkung darat, mentimun, kacang panjang, wortel. Adapun yang benihnya perlu disemai dulu adalah cabai, tomat, dan seledri.

Benih Tanaman Sayur Ditanam Langsung

Tahapan penanaman benih sayuran bersama dengan cara ditanam segera adalah sebagai tersebut :

  • Lahan dicangkul sedalam 20-40 cm disesuaikan bersama dengan tipe tanaman yang dapat ditanam. Untuk tanaman berakar pendek, kalau bayam cabut dan kangkung darat, memadai dicangkul sedalam 20 cm. Sedangkan untuk tanaman berumbi, kalau wortel dan lobak, tanah perlu dicangkul sampai kedalaman 40 ‘ cm. Dengan cara demikian perkembangan umbi dapat leluasa.
  • Buat bedengan selebar 60-100 cm bersama dengan panjang cocok kebutuhan. Arah bedengan utara-selatan agar seluruh tanaman memperoleh sinar matahari secara merata.
  • Penanaman bisa bersama dengan cara memasukkan benih didalam lubang tanam. Setiap lubang tanam diisi 2-3 biji. Misalnya kangkung darat dan kacang panjang. Penanaman bayam cabut bersama dengan cara menebarkan secara merata. Adapun penanaman wortel bersama dengan cara menebarkan benihnya didalam alur dangkal .
  • Biji ditutup bersama dengan tanah tipis-tipis
  • Setelah berumur dua minggu tanaman digerakkan ke kiri dan ke kanan bersama dengan sapu lidi agar tanaman menjadi kuat.
  • Setelah berumur 3 minggu diberi pupuk urea 100-200 kg per ha yang ditebar:kan di antara barisan tanaman.
  • Setelah berumur sebulan, tanaman mulai diperjarang agar perkembangan tanaman bagus.
  • Penyiraman dijalankan tiap-tiap hari.

Benih Tanaman Sayur Disemaikan Dulu

Berikut ini adalah tahapan menanam benih bersama dengan cara disemaikan khususnya dahulu.

  • Lahan yang dapat digunakan dicangkul dan diberi pupuk kandang.
  • Buat atap semaian yang menghadap ke timur. Atap di sebelah timur lebih tinggi berasal dari terhadap sebelah barat. Dengan cara demikian diperoleh sinar matahari pagi yang banyak dan terlindung berasal dari sengatan sinar matahari sore. Fungsi naungan ini adalah untuk melindungi suhu dan kelembapan, dan juga menyesuaikan banyaknya sinar matahari yang masuk.
  • Lahan disiram sampaijenuh, namun tidak menggenang.
  • Taburkan biji selanjutnya ditutup bersama dengan tanah tipis-tipis.
  • Setelah berumur dua minggu, tanaman muda ini dicabut pelanpelan. Berikutnya dipindahkan ke kantung-kantung plastik kecil yang sudah diisi media tanam berbentuk campuran tanah dan pupuk kandang/kompos. Simpan tanaman muda ini di daerah yang teduh.
  • Setelah berumur sebulan , tanaman ini dipindahkan ke kebun. Untuk melindungi berasal dari teriknya matahari atau terpaan air hujan, tanaman muda ini dilindungi dedaunan. Setelah kuat, dedaunan bisa diambil alih agar tidak mengganggu pertumbuhannya.

Demikianlah paparan berkenaan menyemai benih tanaman sayuran, baik bersama dengan cara ditanam segera maupun bersama dengan cara disemai khususnya dahulu. Perhatikan langkah-langkahnya bersama dengan detail agar hasil persemaian menjadi tanaman yang sehat dan bisa dipanen cocok harapan.

Selengkapnya : https://www.lele.co.id/